Minggu, 05 Desember 2010

Rasul,Hakim Terbijak

Abu Hurairah r.a.menceritakan salah satu kisah ketegasan dan kebijaksanaan Nabi sebagai hakim.Saat Abu Hurairah duduk bersama Rasulullah SAW.,seorang laki-laki datang dan berkata,"Ya Rasulullah!Celakalah aku."Rasulullah bertanya apa yang terjadi dengannya.Dia menjawab,"Aku melakukan hubungan badan dengan istriku,padahal aku sedang berpuasa."
"Dapatkah kamu (sebagai hukuman) membebaskan seorang budak?"Dia menjawab tidak.
"Dapatkah kamu puasa dua bulan penuh?"Dia menjawab tidak.
"Dapatkah kamu memberi makanan enam puluh orang miskin?"Dia menjawab tidak.
Nabi SAW.termenung sejurus dan pada saat yang bersamaan,sekeranjang penuh kurma dibawa dihadapannya.Nabi SAW.bertanya,"Mana orang yang bertanya tadi?"
"aku disini"
"Bawalah ini (keranjang penuh dengan kurma) dan sedekahkanlah."
"Haruskah kusedekahkan kepada orang yang lebih muiskin daripada aku?Demi Allah,tidak ada keluarga diantara du gunung ini (madinah) yang lebih miskin daaripada aku."Nabi SAW.pun tersenyum hingga tampak gigi serinya dan berkata,"Berikanlah makanan ini kepada keluargamu."

(HR Bukhari)
(sumber:ensklopedi muhammad)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar